Tahapan Perkembangan pancasila sebagai ideoogi


Tahapan perkembangan pancasila sebagai ideologi

Soerjono soekamto (1991) berpendapat bahwa kesadaran masyarakat terhadap ideologinya berjalan bertahap dalam intensitasnya, tergantung bagaimana masyarakat mempersiapkan ideologinya ke periode berikutnya.

1.      Pancasila sebagai ideologi persatuan
Ideologi berfungsi mempersatukan rakyat majemuk menjadi bangsa yang berkepribadian dan percaya pada diri sendiri.
Masyarakat Indonesia bersifat majemuk, yakni terdiri dari multi etnis, multi religius, multi ideologis. Kemajemukan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat dapat memperkaya khasanah budaya untuk membangun bangsa yang kuat, dapat juga memperlemah kekuatan bangsa dengan adanya percecokan, perselisihan dan berbagai konflik.
Pancasila menjadi faktor integratif bagi bangsa Indonesia yang heterogen

2.      Pancasila sebagai ideologi pembangunan
Pancasila memberikan legitimasi kekuasaan untuk pembangunan nasional. Timbul kesadaran masyarakat bahwa perekonomian perlu ditangani segera dengan memerangi kemiskinan yang menjadi penderitaan rakyat. Namun, pembangunan ekonomi membutuhkan stabilitas politik dan pemuluhan keamanan.
Legitimasi kekuasaan memberikan kewenangan untuk mengambil langkah dan kebijaksanaan dalam mewujudkan cita-cita dan mencapai tujuan.
Pancasila mampu memberikan orientasi dalam pembangunanm wawasan kedepan dengan konsep dari nilai dasar pancasila.

3.      Pancasila sebagai ideologi terbuka
Pancasila menjabarkan nilai-nilai dasar melalui interpretasi dan reinterpretasi yang kritis sehingga pancasila menjadi ideologi yang dinamis.
Ideologi terbuka terbentuk atas kesepakatan masyarakat, sedang ideologi tertutup memutlakkan pandangan secara totaliter.


Menurut Fans Magnis S (1995), ideologi dikatakan sebagai ideologi terbuka jika :
a.       Nilai dan cita-cita bersumber dari kekayaan budaya masyarakat sendiri
Ideologi bukan dari paksaan dari luar namun, digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakatnya. Bukan juga dari Negara, sekelompok orang, melainkan berdasar atas konsensus masyarakat dan menjadi milik masyarakat.



b.      Isinya tidak langsung operasional
Nilai ideologi terbuka tidak dapat langsung dioperasionalkan dalam masyarakat dalam setiap waktu dan tempat tertentu. Masyarakat menggali kembali nilai falsafah dalam ideologi dan mencari implikasinya bagi situasi sendiri.
 Sehingga mengandung arti terbuka terhadap pemikiran dan perkembangan baru dimasyarakatnya.


Pancasila mengandung 3 dimensi yaitu :
a.       Dimensi realitas
Nilai ideologi bersumber dari nilai yang riil hidup dimasyarakat Indonesia yang telah dijalankan, diamalkkan, dan dihayati sebagai nilai dasar bersama. Kelima dasar ditemukan dalam suasana dan pengalaman kehidupan masyarakat yang bersifat kekeluargaan, kegotongroyongan, kebersamaan.

b.      Dimensi idealitas
Ideologi mengandung cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai kehidupan. Ideologi tidak sekadar menggambarkan hakikat manusia namun ,beri gambaran ideal masyarakat dan memberi arah pedoman yang ingin dituju masyarakat.
Juga bersifat futuristik yang member gambaran masa depan.

c.       Dimensi  fleksibilitas
Ideologi memiliki keluwesan yang memungkinkan dan merangsang pengembangan pemikiran baru yang relevan tanpa menghilangkan hakikat yang terkandung dalam nilai dasarnya.
Nilai dasar pancasila adalah fleksibel karena dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan  perubahan


Faktor pendorong untuk mengkaji pancasila sebagai idologi terbuka :
a.       Dalam melaksanakan pembangunan, banyak masalah yang timbul dan jawabannya tidak diperoleh dari pemikiran ideologi sebelumnya.

b.      Pengertian ideologi terbuka adalah ideologi yang berinteraksi secara dinamis dengan perkembangan lingkungan sekitarnya


c.       Pada masa komunisme ideologinya tertutup, pancasila menjadi merosot perannya. Pancasila digunakan sebagai senjata untuk menyerang lawan-lawan polotik, perbedaan pendapat yang perlu dikoreksi.

d.      Tekad untuk menjadikan pancasila sebagai dasar Negara sekaligis ideologi nasional dalam bernegara dan dilaksanakan secara konsisten.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar